Sedikit khilafiyah berzakat fitrah dengan uang dalam perspektif Madzhab Syafi'i

Sedikit khilafiyah  berzakat fitrah dengan uang dalam perspektif Madzhab Syafi'i

Sedikit khilafiyah  berzakat fitrah dengan uang dalam perspektif Madzhab Syafi'i


 لسم الله الرحمن الرحيم

Sedikit khilafiyah  berzakat fitrah dengan uang dalam perspektif Madzhab Syafi'i


---------------------(1)--------------------

Update ibarot zakat fitrah dg uang


Zakat fitrah yang kita lakukan selama ini insyaAllah sudah benar dan tidak perlu talfiq kepada madzhab Hanafi

Jangan disangka tidak ada satu Ulama madzhab Syafi'ipun yang membolehkan zakat menggunakan uang. 

Ternyata ada ulama dari madzhab Syafi'i yang membolehkan zakat fitrah dengan uang yaitu imam Ar Ruyani. 

Beliau adalah salah satu "Ashabul wujuh" yakni salah seorang ulama besar madzhab Syafi’i yang pendapatnya diperhitungkan.

Beliau memiliki beberapa pendapat yang sedikit berbeda dengan pendapat yang umum di madzhabnya. 

Salah satunya adalah pendapat beliau yang membolehkan mengeluarkan zakat fitrah dengan uang. 

Bahkan beliau tidak menyuruh untuk taqlid kepada madzhab Hanafi. Karena itulah, cara penghitungan dan jenis makanannya mengikuti madzhab Syafi’i.


Jadi, amalan umat islam yang memilih untuk membayar zakat fitrah dengan uang dengan cara penghitungan yang telah dilakukan selama ini, sudahlah cocok dengan madzhab Syafi’i, setidaknya menurut pendapat Imam Ar Ruyani.


Ma'khodz 'Ibarot :


ومن غرائب اختياراته من الوجوه: أن الماء لا ينجس إلا بالتغيير، وإن كان راكدا دون القلتين، وقد حكاه الفوراني في الإبانة قولا عن الشافعي، ومنها : جواز صرف زكاة الفطر إلي فقير واحد، و إخراج القيمة عنها كمذهب أبي حنيفة. 

Thabaqat Al-Fuqaha' As-Syafi'iyyah, juz 2 hal. 24.


(قوله يجوز اخراج القيمة) قال أصحابنا : يجوز دفع القيمة في الزكاة والكفارة وصدقة الفطر والعشر والخراج والنذر لأن الأمر بالأداء الى الفقير ایجاب للرزق الموعود فصار کالجزية بخلاف الضحايا والهدايا لأن المستحق فيه اراقة الدم.

 Taqrirat Al-Matnus Syarif, hal 127-128


--------------------(2)----------------


Bantahan

Membayar zakat dengan uang menggunakan konversi gram madzhab Syafi'i (2,5 kg) berdasarkan pendapat yang dinisbatkan kepada Imam Ruyani kami pribadi menyatakan tidak di perbolehkan. Kami ralat postingan kemarin. 


Diantara alasan yang mendasarinya : 


1- Di kitab² Imam Ruyani belum di temukan redaksi yang membolehkan itu.


2- Dalam kitab Bahrul Madzhab bahkan beliau tegas menyatakan tidak boleh. [1]


3- Imam Nawawi dalam Majmu' menyatakan ada satu pendapat ulama' Syafi'iyah yang menyatakan boleh dengan uang, tapi pendapat itu syadz dan bathil, yang tentunya tidak boleh diamalkan. [2]


4- Dr. Hasan Hitou, termasuk ulama' fikih terbesar saat ini, setelah merampungkan juz ke-73 dari kitab Mawsu'ah Fiqhiyyah beliau sekitar Januari lalu dalam kutipan beliau terhadap satu nash dari Bahrul Madzhab karya Imam Ruyani beliau menyatakan bahwa selain orang alim tidak boleh membaca kitab tersebut, karena dalam cetakan² yang ada sekarang ada distorsi, banyak saqoth sana sini, bahkan beliau menyatakan lebih dari sepertiganya. Pendek katanya, kitab Bahrul Madzhab yang ada sekarang bermasalah. [3]


5- Ulama' yang mengutip pendapat itu dan menisbatkan kepada Imam Ruyani juga cuma satu ulama', setau kami, yaitu Ibnu Katsir dalam Thobaqohnya dan beliau juga mengatakan bahwa itu Qoul ghorib. [4]


6- Jika pendapat itu memang ada, maka itu hanya ikhtiyar atau pendapat pilihan beliau. Ketika itu pendapat ikhtiyar, maka termasuk khorijan 'anil madzhab, keluar dari koridor madzhab Syafi'i. Maka konversi penguangannya tidak bisa di ikutkan beras 2,5 kg madzhab Syafi'i. [5]


Dengan ini tulisan kami kemarin kami cabut kembali, tidak ikut pendapat tersebut, dan menganjurkan yang terlanjur copas atau lainnya untuk menghapus.


Bagi yang ingin zakat fitrah menggunakan uang, silahkan ikut ketentuan madzhab Hanafi.


Tidak usah terlalu perhitungan dalam masalah zakat fitrah ini, dan sangat lebih baik untuk di lebihkan. Ini tentang ibadah kita, maka hakikatnya kita yang sangat lebih butuh untuk menunaikan, bukan fakir miskin yang butuh menerima.


Wallahu ta'ala a'lam bis showab


[1] مسألة: قال (1): وَلاَ تُقَوَّمُ الزَّكَاةُ.

الفصل

وهذا كما قال: قصد به أبا حنيفة حيث جوز [642 ب/4] إخراج القيمة وعندنا لا يجوز لظاهر الخبر، وقال الشافعي (2): ولو قومت لكان إذا أدى ثمن صاع زبيب ضروع أي: نفيس، كثير القيمة جيد وهو جنس من عنب الطائف أدى ثمن آصع حنطة وأراد أن هذه الأجناس من الأقوات مختلفة القيم متفاوتة تفاوتًا متباينًا فلو كان الاعتبار بالقيمة لأدى واجبًا ووافقنا أنه لو أراد أن يؤدي عن ثلاثة أشخاص صاعًا من زبيب ضروع قيمة ثلاثة أصع من حنطة فإنه لا يجوز فلو جازت القيمة لجاز هذا أيضًا.

[الروياني، عبد الواحد ,بحر المذهب للروياني ,3/222]


[2] وفيه وَجْهٌ أَنَّ الْقِيمَةَ تُجْزِئُ حَكَاهُ وَهُوَ شَاذٌّ بَاطِلٌ

[النووي، المجموع شرح المهذب، ٤٢٩/٥]


[3] ومما ذكره شيخنا حفظه الله تعالى في حاشية موسوعته بعد أن نقل نصا من بحر المذهب للإمام الروياني : (وأما بحر المذهب للإمام الروياني والمطبوع طباعة محرفة، لا تجوز قراءتها لغير العالم، فقد سقط منه ما يزيد عن ثلثه، ومنه مباحث اللقطة واللقيط وغيرهما).


[4] ومن غرائب اختياراته من الوجوه: أن الماء لا ينجس إلا بالتغيير، وإن كان راكدًا دون القلتين، وقد حكاه الفوراني في الإبانة قولًا عن الشافعي، ومنها: جواز صرف زكاة الفطر إلى فقير واحد، وإخراج القيمة عنها كمذهب أبي حنيفة.

[ابن كثير، طبقات الشافعيين، ٥٢٥/١]


[5] قال السيد علوي السقاف: (قال شيخنا «الاختيار» هو الذي استنبط المختار عن الأدلة الأصولية بالاجتهاد، أي على القول بأنه يتحرى وهو الأصح، من غير نقل له من صاحب المذهب، فحينئذ يكون خارجا عن المذهب ولا يعول عليه.

-----------------(3)-----------------

 Zakat fitrah memakai uang

Oleh:  KH. Ali Imron Muchtar, Pengasuh Alma'had RUA Pramian Taman Sreseh Sampang


1. Menurut mayoritas fuqoha (termasuk Mazhab Syafi'i) zakat fitrah dg uang tidk sah, karena Hadits menyatakan zakat fitrah harus dg makanan pokok regional, tdk ada pernyataan dg bayar uang


2. Mazhab Hanafi membolehkan bayar zakat fitrah dg uang, karena lebih jelas tuk menutupi kebutuhan fakir miskin.

Boleh taqlid (mengikuti) Mazhab Hanafi bayar zakat fitrah dg uang jika memang itu lebih bermanfaat bagi fakir miskin

 Syarat taqlid Mazhab lain tdk terjadi talfiq (mencampur aduk pendapat mazhab2 sehingga tdk sah menurut masing-masing mazhab).

Artinya, dia harus konsisten dg aturan mazhab yg ditaqlidi dlm kasus ini, sehingga dia membayar harga satu sho' dlm ukuran Mazhab Hanafi, bukan harga satu sho' ukuran Mazhab jumhur :

1 sho' menurut jumhur adalah 4 mud = 5.3 rithl = 2400 gr / 2.4 kg. makanan pokok regional._ 

 1 sho' menurut Mazhab Hanafi adalah 8 rithl = 3800 gr / 3.8 kg. bahan makanan selain hinthoh (gandum)._ 

Dan cukup dg harga 0.5 sho' hinthoh (gandum) atau 1900 gr. / 1.9 kg._ 

Mazhab Hanafi berpatokan dg hadits Tsa'labah, Rosululloh ﷺ berkhutbah dan berkata, "Bayarkan zakat fitrah untuk orang merdeka dan hamba sahaya setengah sho' gandum, atau 1 sho' kurma atau 1 sho' syair (jelai = baca: sebangsa beras)". [HR. Abu Dawud]_ 

Bagi yg membayar zakat fitrah menggunakan uang harus mengikuti ukuran dlm mazhab Hanafi.

 ```1. Gandum @ kg = 20.000 x 1,9 kg = Rp. 38.000``` 

 ```2. Beras super @ kg = 12.000 x 3,8 kg = *Rp.45.600*

*** harga gandum per 1 kg bisa berubah sesuai harga pada saat mengeluarkan zakat

 *Redaksi / Dasar Hukum  Kitab I'anah at-Tholibin Juz 2, hal. 195.* 

==============================


 *حكم اخراج القيمة في زكاة الفطر* 


١_ لا يجزيء اخراج القيمة على مذهب الجمهور (ومنهم الشافعية)، لأن الحديث الشريف نص على قوت البلد ولم ينص على القيمة.


٢_ اجاز الحنفية اخراج القيمة فإنه يحصل بها اغناء الفقير.


٣_ للمقلد تقليد مذهب الحنفية في اخراج القيمة إن كانت هناك مصلحة للفقير.


٤_ من شروط تقليد المذهب الآخر عدم التلفيق، بمعنى:

أن يلتزم بضوابط المذهب الذي يقلده في المسألة، فيخرج قيمة مقدار الصاع عند الأحناف، ولا يخرج قيمة مقدار الصاع في مذهب الجمهور. 

مقدار الصاع عند الجمهور = أربعة أمداد= ٥ وثلث ارطال = ٢٤٠٠ غم تقريباً. 

مقدار الصاع عند الحنفية = ٨ ارطال = ٣٨٠٠ غم. 

ويكفي من الحنطة نصف صاع (١٩٠٠ غم) ومن باقي الأصناف صاع (٣٨٠٠ غم).

لحديث ثعلبة العذري أنه قال: خطبنا رسول الله صلى الله عليه وسلم فقال: «أدوا عن كل حر وعبد نصف صاع من بر، أو صاعاً من تمر، أو صاعاً من شعير» [رواه أبو داود]. 


الحاصل: من اراد اخراج القيمة تقليداً لمذهب السادة الحنفية فاليلتزم بمقادير مذهبهم.

والله أعلم... 


إعانة الطالبين، ج ٢ ، ص : ١٩٥. 

الفقه الإسلامي وادلته.

Wallohu a'lamu bisshowaabi....

-----------------(4)-----------------

ZAKAT DENGAN UANG ?

Alhashil,dalam zakat fitrah ada  dua opsi. Pilih yg mana,beras ataukah uang ?

Jika berpegang pada syafi'iyah maka beras lah alternatifnya . Tp jika taqlid ke hanafiyah maka uang dijadikan alternatifnya . 

Meski demikian harus tetap di jalur koridor bermadzhab. Taqlid dibolehkan sepanjang tdk #talfiq. Apa itu talfiq?

Dari sekian syarat taqlid yg enam ,diantaranya tdk boleh talfiq, yaitu :

أن لا يلفّق بين قولين تتولّد منهما حقيقة واحدة مركبة لا يقول كل من الإمامين 

Tdk diperkenankan talfiq ( menggabungkan dua pendapat yg kontradiksi  dr dua madzhab) yg akan memunculkan satu haqiqat yg tdk ditolerir oleh salah satu dr dua madzhab tsb

🌹فوائد المكية ص ٦٠🌹


Misalkan berzakat fitrah dengan uang_dg dalih taqlid ke Imam Hanafi_tapi nominal rupiahnya bukan besar nominal harga beras menurut Imam Hanafi . Kita rincikan sbb


Versi Syafi'iyah

Ukuran zakat fitrah  >> 1 sho' = 4 mud beras

1 mud           = 1 ⅓ ritl

                       = 0,766 ltr / 679,79 gr

 1 sho'           = 4 x 679,79 gr 

                       = 2720 gr ( 2 kilo 720 gr)


Jika diuangkan, misalnya harga beras Rp 12rb / kg maka :

 Rp 12rb x 2,720 = Rp 32,640. 

* Uang sebesar Rp 32,640 itu hanya bisa dipakai untuk membeli beras untuk berzakat fitrah. Sedangkan jika untuk dipakai langsung zakat fitrah maka tdk sah, kenapa? Krn Imam Syafi'i tdk membolehkan zakat dg uang.


Bukankah boleh taqlid ke Imam Hanafi? Iya boleh ,tp nominal uang harus sesuai prosedur madzhab Hanafiyah . Bagaimana ? 👇


Versi Hanafiyah : 

Ukuran zakat fitrah = 1 sho' / 4 mud

1 mud hanafiyah.    = 2 ritl 

                                   = 950 gr 

1 sho'                         = 4 x 950 gr

                                    = 3800 gr ( 3 kilo 80 gr)

Jika diuangkan, misalnya Rp 12rb / kg maka

Rp 12rb x 3, 800 = Rp 45,600

Maka jelas sudah bagi siapa saja yang berzakat fitrah dengan uang harus besarnya mencapai Rp 45.600. Jika tdk maka dia terkena dua sanksi 

1. Tdk sah zakatnya ,sbb melakukan talfiq dalam bertaqlid

2. Harus mengulangi berzakat fitrah. 


Cat :

* Demikian pula bagi panitia zakat tdk diperkenankan menggantikan beras zakat yg sdh terkumpul dg uang, kecuali dg harga perpaketnya sesuai dg nominal menurut Hanafiyah ,yaitu @Rp 45.600 (jika harga beras perkilo Rp 12.000)


والله اعلم بالصواب


الناقل احمد شجاعي خادم مجلس التعليم عمدة السلف وعماد البلاد كدوحؤك مكرجيا فنديجيلان

Baca Juga